Teknik Pengelasan GTAW

Pengertian Las GTAW atau Las TIG.

Teknik Pengelasan GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) juga disebut dengan Las TIG atau  Las WIG.
Las TIG (Tungsten Inert Gas) adalah nama dalam istilah bahasa Inggris, sedangkan dalam istilah Jerman disebut dengan Las WIG (Wolfram Inert Gas), sebutan tersebut didasarkan pada karakter komponen yang digunakan, yakni elektrodanya terbuat dari logam wolfram (tungsten) dan gas pelindung yang digunakan berupa gas inert (gas mulia).
Dalam bahasa Indonesia dapat kita sebut sebagai las busur gas elektroda tungsten. Banyak juga para pekerja dibengkel las  menyebutnya dengan istilah Las Argon.

Teknik Pengelasan GTAW adalah Suatu proses penyambungan logam dengan cara mencairkan bagian yang disambung dan bahan tambah dengan menggunakan busur listrik yang dihasilkan oleh elektroda tungsten atau elektroda tidak terumpan.
Las GTAW dapat diaplikasikan pada berbagai jenis lagam baik itu dari logam ferro maupun jenis logam non ferro seperti tembaga, aluminium, titanium, Molibdenum dan paduan dari padanya.

Sistem pengelasan TIG terdiri dari sumber arus searah atau bolak-balik, pembakar las yang terhubung ke sumber arus las melalui selang dan kabel. Paket Selang dan kabel saat pengelasan mengalirkan pasokan gas pelindung, arus las, dan air pendingin (untuk sistem pendingin air).
Gas inert digunakan seperti Argon dan Helium atau campuran dari padanya berfungsi sebagai gas pelindung dari pengaruh udara luar karena gas ini sifatnya tidak bereaksi dengan yang lain.

Artikel Teknik Pengelasan GTAW atau TIG