Gas Pelindung Las GTAW

Fungsi Gas Pelindung

Diudara bebas terdapat gas Nitrogen dan Oksigen. Pada temperatur tinggi satu sama lain gas tersebut bereaksi dengan kebanyakan logam dan menimbulkan logam oksida dan gas-gas oksida yang membahayakan kesehatan. Disamping itu pengaruh terhadap hasil lasan sangat negatif. Terhadap pengaruh negatif tersebut maka dengan gas yang sesuai, udara harus dijauhkan dari kawah las dan elektroda Tungsten.

Untuk itu diperlukan gas yang tidak menimbulkan reaksi kimia terhadap logam maupun pada temperatur tinggi. Sifat-sifat netral tersebut ternyata hanya dimiliki oleh gas-gas mulia yaitu Argon dan Helium. Yang selanjutnya gas-gas tersebut disebut gas “inert” yang berarti netral, tak bereaksi.

Macam-Macam Gas Pelindung

Pada las GTAW yang paling umum / sering digunakan sebagai gas pelindungnya adalah gas Argon (Ar). Gas Argon dikenal karena kemurnian kimianya, pada suhu yang tinggi. Argon, baik murni maupun mengandung sedikit karbon dioksida, oksigen, hidrogen dan helium, banyak dipergunakan sebagai gas pelindung dalam aplikasi pengelasan terhadap baja karbon dan stainless, aluminium, magnesium, dan sebagainya.

Tabel Gas Pelindung untuk Las GTAW atau Las TIG

Gas
Bahan
Keterangan
Argon
Semua logam
Lebih murah daripada He
Helium
Semua Logam
Arus searah (Elektroda pada katup negatif untuk aluminium tipis)
Argon + 75% Helium
Semua Logam
  • Gas ini terutama untuk las GTAW mekanik penuh (konvensional)
  • Dengan penambahan He, mengurangi pori-pori dan retak panas
  • Memperkecil rigi-rigi las
  • HAZ kecil
  • Penyalaan memerlukan tegangan tinggi
Argon + Max. 7 % H2
Baja kron-Nikel
Mempertinggi kecepatan las
Nikel
Menghindari pori-pori

Kebutuhan Gas Pelindung

Kebutuhan gas pelindung yang memerlukan penyetelan jumlah aliran gas pelindung dipengaruhi oleh tebal benda kerja dan bahan dasar benda kerja.
Disamping itu, kebutuhan gas juga tergantung dari :
Macam gas, jarak nosel dari benda kerja, posisi las, luas kawah las, luas daerah panas, kecepatan pengelasan dan gerakan pembakar las.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gas Pelindung Las GTAW"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel