Fungsi salutan elektroda.

Fungsi dari salutan elektroda adalah sebagai berikut:

1. Membentuk lapisan gas dan terak pelindung.

Bahan salutan pada elektroda memberikan oksin pembersih dan deoksidasi secara otomatis di dalam kawah cairan las. Oleh karena lapisan gas dan lapisan terak pada logam las, akan menutup kemungkinan masuknya oksigen dan nitrogen yang berbahaya ke logam las. Selain itu pembentuk terak akan:
  • Bereaksi sebagai alat menghilangkan oksi-oksid dan kotoran-kotoran.
  • Memperlambat kecepatan pendinginan dan pembekuan logam las.
  • Mengendalikan bentuk dan penampilan rigi las.

2. Memulihkan atau mengganti logam dasar.

Pada sebagian besar, salutan mengendalikan komposisi logam las, yaitu dengan mempertahankan komposisi asli batang inti elektroda atau melalui  penggunaan unsur tambahan ( seperti moliben, vanadium, mangan karbon atau silisium). Dengan cara ini, unsur paduan yang ditambahkan pada logam las akan menggantikan unsur-unsur yang hilang.

3. Mengendalikan karakteristik busur.

Salutan mempermudah penyalaan busur disaat awal pengelasan dan mempertahankan busur terus- menerus selama operasi pengelasan berlangsung. Makin baik pengendalian busur akan memungkinkan penggunaan arus lebih tinggi dan ukuran elektroda lebih besar. Salutan juga mengkonsentrasikan panas dari busur kebenda kerja, yang berarti meningkatkan kecepatan pencairan. Selain itu, juga bertindak sebagai bahan isolasi terhadap batang inti elektroda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi salutan elektroda."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel