Rpp Las GMAW (MIG/MAG) Kurikulum 2013 Revisi (Pertemuan ke 1-6)

RPP GMAW MIG MAG

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan : SMK  Negeri 1 Gandapura
Program Keahlian : Teknik Mesin
Paket Keahlian : Teknik Pengelasan
Mata Pelajaran : Teknik Pengelasan Gas Metal (MIG/MAG)
Kelas /Semester    : XI T.LAS / Ganjil
Pertemuan : 1 - 6
Alokasi Waktu : 48 JP  (@8 x 45)


A.       Kompetensi Inti
1.             Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.             Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.             Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.             Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.       Menyadari sempurnanya konsep Tuhan tentang benda-benda dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan dalam teknik pengelasan GMAW.
1.2.       Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam teknik pengelasan GMAW.
2.2.       Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam mekukan teknik pengelasan.
2.3.       Menghargai kerja sama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dan cara melakukann teknik pengelasan GMAW.
2.4.       Menunujukkan sikap responsif, proaktif, konsisten dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan soal sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan teknik pengelasan.
3.1   Menerapkan teknik pengelasan pelat dengan pelat pada sambungan sudut posisi bawah tangan dengan las gas metal (MIG/MAG
3.1.1        Menentukan Peralatan K3 pengelasan pelat dengan pelat pada sambungan sudut   posisi bawah tangan dengan las gas metal (MIG/MAG)
3.1.2        Menentukan Peralatan pengelasan pelat dengan pelat pada sambungan sudut posisi bawah tangan dengan las MIG/MAG
3.1.3        Mengurutkan prosedur pemasangan dan pengesetan peralatan las MIG/MAG
3.1.4        Menentukan elektroda yang tepat sesuai dengan material pengelasan
3.1.5        Mengidentifikasi berbagai posisi pengelasan pada proses las MIG/MAG
4.1     Melakukan pengelasan pelat dengan pelat pada sambungan sudut posisi di bawah tangan dengan las gas metal (MIG/MAG).
4.1.1        Melakukan persiapan bahan pengelasan pelat dengan pelat pada sambungan sudut posisi dibawah tangan dengan las gas metal
4.1.2        Melakukan pengelasan pelat dengan pelat pada sam bungan sudut posisi dibawah tangan menggunakan las gas metal

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan mampu :
1.      Menerapkan K3 las MIG/MAG
2.      Menentukan peralatan pengelasan MIG/MAG
3.      Melakukan pemasangan dan pengesetan peralatan las MIG/MAG.
4.      Menentukan elektroda yang tepat sesuai material pengelasan.
5.      Mengidentifikasi berbagai posisi pengelasan MIG/MAG
6.      Menentukan parameter pengelasan dengan tepat.
7.      Menentukan Prosedur pengelasan pelat dengan pelat pada sambungan sudut posisi dibawahh tangan
8.      Melakukan persiapan bahan pengelasan pelat dengan pelat pada sambungan sudut posisi dibawah tangan
9.      Melakukan pengelasan pelat pada sambungan sudut posisi dibawah tangan (1F).

 D.  Materi Pembelajaran

  • Definisi Proses Gas Metal Arc Welding (GMAW)
Gas Metal Arc Welding (GMAW), secara pengertian adalah sebuah proses pengelasan yang menghasilkan peleburan dengan pemanasan menggunakan busur listrik antara bahan tambah yang secara konstan keluar dengan benda kerja. Proses tersebut menggunakan pelindung dari luar yang berasal dari gas untuk melindungi cairan las. Aplikasi dari GMAW ini biasanya membutuhkan polaritas DC(reverse) yang berarti arus positif di kawat las.

Gangguan kesehatan atau kecelakaan dapat diakibatkan oleh beberapa faktor, yakni operator atau teknisi las itu sendiri, mesin dan alat-alat las, maupun lingkungan kerja. Secara umum ada beberapa resiko kalau bekerja dengan proses GMAW, yaitu :
  1. Kejutan listrik (electronic shock)
  2. Sinar las
  3. Debu dan asap las
  4. Luka bakar dan kebakaran
  • Peralatan K3
1.      Baju kerja
2.      Sarung Tangan las
3.      Apron
4.      Kedok Las
5.      Helm Las
6.      Sepatu Las
7.      Masker
  • Peralatan Las MIG/MAG
1.      Power source / mesin las
2.      Wire feeder motor
3.      Welding Gun
4.      Elektroda
5.      Gas cylinder
6.      Regulator gas
7.   Clamp massa

  • Prosedur pemasangan dan pengesetan peralatan las MIG/MAG.
  • Elektroda Las MIG/MAG
  • Posisi pengelasan
  • Parameter pengelasan
  • Prosedur pengelasan pelat dengan pelat sambungan sudut posisi 1F.
E.      Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan     : Saintifik
Model              : Discovery learning, Projec based learning
Metode            : ceramah,diskusi, tanya jawab, unjuk kerja.


F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Alat / Media          :
-       LCD Proyektor
-       Laptop
-       Perangkat las MIG/MAG
-       Peralatan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
-       Besi pelat
2.      Sumber belajar      :
-       Buku/Modul GMAW/MIG/MAG.

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Sintak Discovery Learning
Rincian
Waktu
(menit)
KEGIATAN AWAL
(Orientasi)


-          Peserta Didik Menjawab Salam
-          Berdoa Sebelum Pelajaran Dimulai
-          Mengkondisikan Suasana Belajar Yang Menyenangkan
-          Apersepsi
“ Di kelas X kita belajar menggunakan perkakas tangan,kita harus mengikuti prosedur agar tidak terjadi kecelakaan kerja, Nah, hari ini kita akan belajar tentang K3 pada pengelasan GMAW.
Motivasi : “ Mengapa kita diharuskan memakai helm saat mengendarai sepeda motor? ( Jawaban yang diharapkan : untuk keselamatan)
-          Peserta Didik Menyimak Tujuan Pembelajaran Yang Disampaikan Guru
20
KEGIATAN INTI
(Presentasi)

Stimulation
Mengamati :
-          Peserta didik duduk berdasarkan kelompok yang telah dibagi
-          Setiap kelompok memperoleh LKPD yang harus diselesaikan
-          Peserta didik mengamati dan memperhatikan beberapa Peralatan K3 ..
325

PROBLEM STATMENT
Menanya
Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang peralatan K3  (diberikan pertanyaan pancingan jika tidak ada peserta didik yang bertanya)


DATA COLLECTING
Mengeskplorasi
Peserta didik mencari informasi bersama kelompoknya tentang K3 pada pengelasan GMAW


DATA PROCESING
Mengasosiasi
-          Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan LKPD yang telah diberikan
-          Menuliskan hasil diskusi pada lembar peserta didik
-          Peserta didik mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dan guru memantau jalannya diskusi dan membimbing peserta didik dalam menyelesaikan LKPD



Verifikasi
Peserta dalam kelompoknya membuktikan apakah bahwa keselamatan kerja yang mereka temkan selain pada contoh yang dipaparkan guru merupakan K3 untuk pengelasan GMAW


GENERALISASI
Mengkomunikasikan
Masing-masing kelompok membacakan hasil kerja kelompok

KEGIATAN AKHIR

Guru bersama siswa menarik kesimpulan hasil pembelajaran.
Memberikan tugas latihan dan tugas baca untuk pertemuan berikutnya.
15

            Pertemuan ke-2
Kegiatan
Sintak Discovery Learning
Rincian
Waktu
(menit)
KEGIATAN AWAL
(Orientasi)


-          Peserta Didik Menjawab Salam
-          Berdoa Sebelum Pelajaran Dimulai
-          Apersepsi :
Pertemuan sebelumnya kita udah belajar mengenai peralatan K3 hari ini kita akan belajar tentang peralatan Pengelasan GMAW?
-          Motivasi :
Memberi contoh tentang manfaat mempelajari  peralatan GMAW
-          Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.
-          Peserta Didik Menyimak Tujuan Pembelajaran Yang Disampaikan Guru
20
KEGIATAN INTI
(Presentasi)

Stimulation
Mengamati :
-          Peserta didik duduk berdasarkan kelompok yang telah dibagi
-          Setiap kelompok memperoleh LKPD yang harus diselesaikan
-          Peserta didik mengamati dan memperhatikan beberapa peralatan pengelasan GMAW.
325

PROBLEM STATMENT
Menanya
Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang peralatan pengelasan GMAW  (diberikan pertanyaan pancingan jika tidak ada peserta didik yang bertanya)


DATA COLLECTING
Mengeskplorasi
Peserta didik mencari informasi bersama kelompoknya tentang peralatan pengelasan GMAW


DATA PROCESING
Mengasosiasi
-          Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan LKPD yang telah diberikan
-          Menuliskan hasil diskusi pada lembar peserta didik
-          Peserta didik mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dan guru memantau jalannya diskusi dan membimbing peserta didik dalam menyelesaikan LKPD


Verifikasi
Peserta dalam kelompoknya membuktikan apakah bahwa keselamatan kerja yang mereka temkan selain pada contoh yang dipaparkan guru merupakan peralatan  pengelasan GMAW


GENERALISASI
Mengkomunikasikan
Masing-masing kelompok membacakan hasil kerja kelompok

KEGIATAN AKHIR

Guru bersama siswa menarik kesimpulan hasil pembelajaran.
Memberikan tugas latihan dan tugas baca untuk pertemuan berikutnya.
15

Pertemuan ke-3
Kegiatan
Sintak Discovery Learning
Rincian
Waktu
(menit)
KEGIATAN AWAL
(Orientasi)


-          Peserta Didik Menjawab Salam
-          Berdoa Sebelum Pelajaran Dimulai
-          Apersepsi :
Pertemuan sebelumnya kita udah belajar mengenai peralatan pengelasan GMAW, hari ini kita akan belajar mengenai prosedur pengesetan dan pemasangan Peralatan GMAW?
-          Motivasi :
Memberi contoh tentang manfaat mempelajari  pengesetan dan pemasangan peralatan GMAW
-          Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.
20
KEGIATAN INTI
(Presentasi)

STIMULATION
Mengamati :
-          Peserta didik mendegarkan pemaparan materi  dari guru
-          Peserta didik mengamati dan memperhatikan Vidio pengesetan dan pemasangan peralatan Las GMAW.

325

PROBLEM STATMENT
Menanya
Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang cara pengesetan dan pemasangan peralatan pengelasan GMAW  (diberikan pertanyaan pancingan jika tidak ada peserta didik yang bertanya)


DATA COLLECTING
Mengeskplorasi
Peserta didik mencari informasi lebih lanjut dari berbagai sumber tentang cara pengesetan dan pemasangan peralatan pengelasan GMAW


DATA PROCESING
Mengasosiasi
-          Peserta didik mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dan guru memantau jalannya diskusi dan membimbing peserta didik dalam menyelesaikan LKPD
-          Peserta didik mengisi LKPD yang telah diberikan


VERIFIKASI
Peserta didik mencoba melakukan pengesetan dan pemasangan secara individu dibawah arahan dan bimbingan guru


GENERALISASI
Mengkomunikasikan
Masing-masing siswa menyampaikan pengalaman baik berupa kendala maupun hal lainnya saat melakukan pengesetan dan pemsangan peralatan

KEGIATAN AKHIR

Guru bersama siswa menarik kesimpulan hasil pembelajaran.
Memberikan tugas latihan dan tugas baca untuk pertemuan berikutnya.
15

Pertemuan ke-4
Kegiatan
Sintak Discovery Learning
Rincian
Waktu
(menit)
KEGIATAN AWAL
(Orientasi)


-          Peserta Didik Menjawab Salam
-          Berdoa Sebelum Pelajaran Dimulai
-          Apersepsi :
Pertemuan sebelumnya kita udah belajar mengenai cara pengesetan dan pemasangan peralatan GMAW, selain daripada alat tentunya kita juga membutuhkan bahan dalam pengelasan, salah satu bahan yg digunakan dalam pengelasan GMAW adalah bahan tambah yaitu elektroda, Nah..hari ini kita akan belajar mengenai elektroda.
-          Motivasi :
Memberi contoh tentang manfaat mempelajari  elektroda pada pengelasan GMAW
-          Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.
20
KEGIATAN INTI
(Presentasi)

STIMULATION
Mengamati :
-          Peserta didik mendegarkan pemaparan materi  dari guru
-          Peserta didik mengamati dan memperhatikan gambar elektroda yang disajikan oleh guru
325

PROBLEM STATMENT
Menanya
Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang elektroda (diberikan pertanyaan pancingan jika tidak ada peserta didik yang bertanya)


DATA COLLECTING
Mengeskplorasi
Peserta didik mencari informasi lebih lanjut dari berbagai sumber tentang elektroda pada pengelasan GMAW


DATA PROCESING
Mengasosiasi
-          Peserta didik mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dan guru memantau jalannya diskusi dan membimbing peserta didik dalam menyelesaikan LKPD
-          Peserta didik mengisi LKPD yang telah diberikan


VERIFIKASI
Peserta didik mencoba menyamakan hasil temuan mereka tentang elektroda dengan contoh yang diberikan guru


GENERALISASI
Mengkomunikasikan
Beberapa peserta didik diminta menyampaikan hasil temuan

KEGIATAN AKHIR

Guru bersama siswa menarik kesimpulan hasil pembelajaran.
Memberikan tugas latihan dan tugas baca untuk pertemuan berikutnya.
15


Pertemuan ke-5
Kegiatan
Sintak Discovery Learning
Rincian
Waktu
(menit)
KEGIATAN AWAL
(Orientasi)


-          Peserta Didik Menjawab Salam
-          Berdoa Sebelum Pelajaran Dimulai
-          Apersepsi :
Pertemuan sebelumnya kita udah belajar mengenai cara elektroda, untuk menghasilkan lasan yang baik posisi pengelasan harus kita perhatikan. Hari ini kita akan belajar posisi pengelasan
-          Motivasi :
Memberi contoh tentang manfaat mempelajari  posisi pada pengelasan GMAW
-          Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.
20
KEGIATAN INTI
(Presentasi)

STIMULATION
Mengamati :
-          Peserta didik mendegarkan pemaparan materi  dari guru
-          Peserta didik mengamati dan memperhatikan gambar posisi pengelasan GMAW yang disajikan oleh guru
325

PROBLEM STATMENT
Menanya
Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang posisi pengelasan (diberikan pertanyaan pancingan jika tidak ada peserta didik yang bertanya)

DATA COLLECTING
Mengeskplorasi
Peserta didik mencari informasi lebih lanjut dari berbagai sumber tentang posisi pengelasan pada pengelasan GMAW

DATA PROCESING
Mengasosiasi
-          Peserta didik mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dan guru memantau jalannya diskusi dan membimbing peserta didik dalam menyelesaikan LKPD
-          Peserta didik mengisi LKPD yang telah diberikan


VERIFIKASI
Peserta didik mencoba menyamakan hasil temuan mereka tentang posisi pengelasan dengan contoh yang diberikan guru

GENERALISASI
Mengkomunikasikan
Beberapa peserta didik diminta menyampaikan hasil temuan
KEGIATAN AKHIR

Guru bersama siswa menarik kesimpulan hasil pembelajaran.
Memberikan tugas latihan dan tugas baca untuk pertemuan berikutnya.
15

Pertemuan ke-6
Kegiatan
Sintak Projek Based Leraning
Rincian
Waktu
(menit)
KEGIATAN AWAL
(Orientasi)


-          Peserta Didik Menjawab Salam
-          Berdoa Sebelum Pelajaran Dimulai
-          Apersepsi :
Pertemuan sebelumnya kita udah belajar mengenai posisi pengelasan, hari ini kita akan belajar bagaimana melakukan pengelasan pelat dengan pelat sambungan sudut posisi 1 F.
-          Motivasi :
Memberi contoh tentang manfaat mempelajari  prosedur pengelasan pelat dengan pelat posisi IF menggunakan las GMAW
-          Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.
20
KEGIATAN INTI
(Presentasi)

PENENTUAN PERTANYAAN MENDASAR
Mengamati :
-          Peserta didik mendegarkan pemaparan materi  dari guru
-          Peserta didik mengamati dan memperhatikan gambar proses pengelasan GMAW
Menanya
-          Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang prosedur pengelasan GMAW (diberikan pertanyaan pancingan jika tidak ada peserta didik yang bertanya)
325

MENDESAIN PERENCANAAN PROYEK
-          Peserta didik mendengarkan parameter dan prosedur pelaksanaan pengelasan pelat dengan pelat sambungan tumpul posisi 1F
Mengeskplorasi
Peserta didik mengemukan pendapat mereka tentang prosedur pelaksanaan pengelasan


MENYUSUN JADWAL
Peserta didik mendengaRkan dan mencata jadwal pelaksanaan pengelasan


MEMONITOR PESERTA DIDIK DAN KEMAJUAN PROYEK
Mengasosiasi
-          Peserta didik melakukan pengelasan
-          Peserta didik mendapat bimbingan dan arahan saat melakukan pengelasan


MENGUJI HASIL
Peserta didik mencoba menyamakan hasil pengelasan dengan parameter pengelasan



MENGEVALUASI
Mengkomunikasikan
Peserta didik mengumpulkan hasil pengelasan untuk diberi penilaian


KEGIATAN AKHIR

Guru bersama siswa menarik kesimpulan hasil pembelajaran.
Memberikan tugas latihan dan tugas baca untuk pertemuan berikutnya.
15

  


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rpp Las GMAW (MIG/MAG) Kurikulum 2013 Revisi (Pertemuan ke 1-6)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel