Teknik Penyalaan Elektroda

Sebelum anda melakukan pengelasan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan material atau bahan yang akan dilas. Adapun yang termasuk dalam persiapan material meliputi: mengukur, memotong, menggerinda bagian atau pinggiran setelah dipotong, jika bahan tersebut berkarat atau ada bekas cat maka harus dibersihkan terlebih dahulu. Jika anda ingin melakukan pengelasan pada mobil atau sepeda dengan tujuan untuk memperbaiki bagian yang cacat atau rusak, maka jangan lupa melepaskan atau memutuskan hubungan kabel pada batre atau aki yang terdapat pada mobil atau sepeda motor tersebut hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada batre atau aki.

Dengan melakukan persiapan pengelasan yang baik maka akan memberikan hasil yang baik pada hasil pengelasan. Jika penyiapkan material atau bahan yang tidak maksimal maka menyebabkan penetrasi tidak baik dan tentunya hasil pengelasannya tidak maksimal atau tidak memenuhi standar.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan settingan pada mesin las, arus atau amper pada mesin las harus diatur sesuai dengan ukuran ketebalan pelat dan juga diameter elektroda dan jenis elektroda yang digunakan. Besarnya arus dan jenis polaritas yang digunakan untuk setiap elektroda dapat dilihat pada bungkus atau kotak elektroda tersebut.

Langkah selanjutnya adalah melakukan penyalaan elektroda.

Scratching methode
Penyalaan awal elektroda tidak mudah dilakukan bagi seorang welder yang belum berpengalaman, ini terjadi karena transformer mesin SMAW dirancang berdasarkan sistim Constant current (CC) atau Drop arc voltage (DAV). Sistim ini mengakibatkan elektroda gampang menempel pada benda kerja dan tidak terjadi penyalaan karena ketika elektroda melekat pada benda kerja tegangan listrik menjadi nol.
Di samping hal di atas, teknik penyalan ini tergantung dari jenis arus pengelasan yang digunakan, karena karakter fulks elektroda antara yang menggunakan arus AC dengan DC berbeda.

Berikut ini adalah Teknik penyalaan elektroda

a. Scratching methode

Scratching methode atau menyalakan elekroda dengan menggoreskan elektroda ke benda kerja dan setelah elektroda menyala, jaga arc length pada jarak tertentu, tergantung dari jenis elektroda. Teknik ini dilakukan pada pengelasan yang menggunakan arus bolak-balik (AC), lihat Gambar berikut.


b. Tapping methode

Penyalaan elektroda dengan Tapping methode dilakukan melalui pengetukan elektroda ke benda kerja dan setelah timbul busur listrik (arc), jaga jarak busur tersebut terhadap benda kerja secara konsisten (arc length) sesuai dengan jenis elektroda yang digunakan. Teknik ini digunakan jika anda mengunakan mesin SMAW dengan arus DC (arus searah). Lihat Gambar berikut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Teknik Penyalaan Elektroda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel