Perlengkapan Las GTAW (Bagian 2)

Artikel ini merupakan Lanjutan atau sambungan dari Artikel Perlengkapan Las GTAW (Bagian 1)
Berikut ini akan kita lanjutkan untuk mempelajari lagi tentang peralatan atau perlengkapan Las GTAW lainnya yaitu tentang Regulator Gas.


Regulator Gas





Regulator berfungsi untuk mengetahui tekanan botol dan mengatur tinggi rendahnya tekanan gas yang akan digunakan (lihat gambar berikut). Regulator untuk pengelasan GTAW di set maksimum sampai 200Kpa. Sedangkan flowmeter berfungsi untuk mengukur aliran gas yang digunakan untuk melindungi proses pencairan dalam pengelasan.

Ada dua macam regulator las GTAW yang dibedakan dari flowmeternya. Yang pertama berbentuk manometer dan yang kedua berbentuk gelas pengukur  dengan bola baja sebagai indikatornya, Lihat gambar dibawah ini.

Regulator gas dengan flowmeter gelas pengukur terdiri dari:
  1. Manometer tekanan isi tabung gas
  2. Flowmeter tekanan kerja
  3. Katup pengatur aliran kerja gas
  4. Tanda pengenal macam gas
  5. Tanda warna gas
Prinsip kerja regulator dengan manometer dan gelas pengukur hampir sama, yaitu regulator dipasang pada tabung gas pastikan katup pengatur  dalam keadaan off atau tidak menekan, kemudian buka katup tabung gas untuk mengetahui isi tabung. Aliran kerja gas dibuka oleh katup pengatur (3) sehingga debit gas terbaca oleh jarum dan gelas pengukur.

Regulator gas perlu dirawat agar dapat berfungsi dengan baik pada waktu dipakai. Perawatan regulator las dapat dilakukan dengan:
  • Hindari jatuh dan terkena benturan
  • Dijaga agar selalu bersih dan kering
  • Pada saat pemasangan pada tabung gas pastikan ulir pengikatnya dalam keadaan baik, gunakan seal tape untuk mencegah kebocoran. Pastikan juga nosel gas pada tabung tidak kotor dengan mengeluarkan gas secara kecut dua atau tiga kali.
  • Lepas dan simpan di tempat yang kering dan aman jika tidak digunakan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Perlengkapan Las GTAW (Bagian 2)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel