Peralatan Las GMAW (bagian 1)

Peralatan pada proses  las Gas Metal (GMAW)

Pada proses pengelasan GMAW atau juga di sebut las MIG MAG pada dasarnya peralatan yang digunakan terdiri dari :

  1. Power Source.
  2. Wire Drive/wire feeder beserta aksesorisnya.
  3. GMAW gun.
  4. Kabel las yang didesain untuk mengantarkan gas pelindung serta kawat las ke area pengelasan.

 Dibawah ini adalah gambar peralatan dari proses GMAW,


Peralatan pengelasan GMAW dapat di modifikasi sesuai dengan penggunaan dan jenis produksi yang akan dilakukan, pada proses produksi sederhana dapat menggunakan peralatan standar sedangkan untuk proses produksi yang lebih kompleks dapat menggunakan peralatan GMAW yang lebih kompleks seperti gambar di bawah ini:




Peralatan GMAW yang kompleks digunakan untuk berbagai proses produksi yang membutuhkan konsistensi dari konsumsi kawat las dalam jangka waktu yang lama serta untuk proses semi otomasi maupun otomasi, penggunaan peralatan tersebut dapat menekan ongkos produksi dengan sangat signifikan oleh karena itu peralatan tersebut sangat cocok digunakan industri manufaktur dengan production based.
Selain peralatan diatas proses pengelasan GMAW juga dapat dimodifikasi menjadi 2 kawat las sekaligus dalam satu proses pengelasan, sistem ini disebut dengan sistem GMAW tandem, keuntungan sistem ini adalah besarnya konsumsi kawat las dan dapat mengelas di dua area pengelasan sekaligus dalam satu kali proses pengalasan, seperti terlihat pada gambar dibawah ini :


Mesin las untuk proses GMAW karakter output terbagi menadi dua, yaitu:

1. Constant current
2. Constant voltage

Masing-masing dari kedua istilah ini merujuk pada karakteristik volt ampere mesin las, dan dalam beberapa kasus, volt ampere berhubungan dengan penurunan output, pada gambar 6 dan 7 dapat dilihat perbandingan output dari CC (constant current) dan CV (constant voltage).


Biasanya, aplikasi arus konstan  terbatas pada  pada aplikasi pengelasan GMAW alumunium atau aplikasi pengelasan GMAW baja karbon dengan cairan las yang besar.

Mesin las yang didesain untuk penggunaan proses GMAW harus terdapat fungsi induktansi, fungsi induktansi ini adalah komponen yang sangat penting untuk short circuiting transfer dan pada globular tansfer dengan kecepatan wire feed yang rendah. Variabel kontrol induktansi penting untuk proses short circuiting transfer karena sangat gampang melakukan penyetingan pada busur las untuk meminimalkan terdapatnya spatter pada hasil las serta meningkatkan pencairan pada kaki las.
Mesin las GMAW secara tradisional terdapat tombol analog atau digital meters yang digunakan untuk memperlihatkan besaran arus dan voltage. Hal tersebut menjadi sebuah variabel yang esensial dan akurasi dari penunjukan besaran ampere dan voltage tersebut sangat mempengaruhi kualitas dari hasil pengelasan.

Pada saat ini sudah banyak dilakukan pengembangan dan perubahan pada bentuk mesin las GMAW menjadi lebih ringkas seperti inverter yang meningkatkan portabilitas atau mudah dibawa serta tidak lagi membutuhkan ruangan yang besar untuk menyimpan mesin las GMAW, dan hal tersebut membawa keuntungan yang besar pada peningkatan efektifitas penggunaan ruangan pada industri manufaktur secara keseluruhan, inverter memiliki karakter yang efisien dalam penggunaan dilapangan serta sangat mudah dalam pengaturan ampere maupun voltage untuk menghasilkan busur listrik yang stabil.
Banyak dari desain inverter tersebut di kombinasikan atau diintegrasikan dengan software untuk mempermudah dalam menghasilkan kualitas hasil las yang baik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peralatan Las GMAW (bagian 1)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel