Perlengkapan Las GTAW (Bagian 1)


Rangkaian Mesin Las GTAW

GAS TUNGSTEN ARC WELDING (GTAW) merupakan istilah yang dikenal luas di Europe, dikenal juga dengan istilah Tungsten Inert Gas (TIG) di Amerika, dan istilah Wolfram Inert Gas (WIG) di Jerman adalah proses pengelasan melalui pemanfaatan busur listrik antara elektroda tungsten tidak terumpan dengan bahan yang dilas. Daerah HAZ, logam cair dan eletroda tungsten terlindung dari kontaminasi atmosfer oleh selimut inert gas. Gas inert (biasanya argon) bersifat kurang atau bahkan tidak aktif terhadap reaksi kimia. Proses Las GTAW dapat  menghasilkan suhu sampai 35000  F (19426  C). 

Mesin las GTAW mempunyai dua sistem pendinginan yaitu pendinginan udara dan pendinginan air. Secara skematik mesin las GTAW mempunyai empat bagian utama (seperti pada gambar berikut) yaitu:
a. sumber tenaga (power source), 
b. sistem pendinginan untuk yang berpendingin air (water cooled), 
c. gas pelindung (shielding gas), dan
d. torch. 

Secara utuh rangkaian mesin las GTAW (gambar dibawah) memiliki komponen-komponen: 

  1. mesin las/sumber tenaga; 
  2. pedal las; 
  3. logam induk; 
  4. klem masa; 
  5. torch; 
  6. selang masuk air; 
  7. selang keluar air;
  8. sistem sirkulasi air; 
  9. gas pelindung. 

Torch

Torch pada las GTAW harus bersifat isolasi listrik dan nyaman digenggam tangan. Torch berfungsi untuk memegang elektroda tidak terumpan dengan kolet dan menyalurkan gas pelindung melalui nozel keramik berbagai ukuran. Terdapat dua tipe torch yaitu berpendingin air dan berpendingin udara. arus yang diijinkan untuk torch berpendingin air adalah <200 A, sedangkan torch yang berpendingin udara maksimum 200 A. Berikut ini adalah gambar Torch berpendingin Air dan Torch berpendingin Udara.

Gambar Torch berpendingin Air


Gambar Torch berpendingin Udara



Pada saat ini material torch diperbaharui seiring dengan diketemukannya material plastik modern dan karet sintetis yang lebih ringan dan berisolasi tinggi membuat torch menjadi lebih kecil, ringan dan mudah digenggam. 
Pemilihan torch harus dilebihkan dari kapasitas yang seharusnya. Pilih torch yang memiliki kemampuan menyalurkan arus maksimum. Penggunaan torch tentu lebih baik untuk posisi di bawah tangan karena adanya efek gravitasi. Nosel keramik terdiri dari berbagai ukuran, pengelas pemula biasanya bingung dalam memutuskan ukuran nosel yang tepat. Pemilihan nosel disesuaikan dengan ukuran elektroda dan aliran gas. Besarnya aliran gas tergantung dari tipe gas dan besar mulut nosel. Kebanyakan untuk las GTAW manual menggunakan 7 l/min (15 ft3/hr). Gambar di bawah ini menunjukan macam-macam nosel torch.

Besarnya aliran gas mempengaruhi efek pendinginan pada torch. Untuk alasan ekonomi, biasanya dipilih aliran gas minimum tetapi hal ini mengurangi efek pendinginan. Hal ini berarti torch menjadi panas dan tidak nyaman pada saat digunakan untuk pengelasan jalur/layer selanjutnya, sehingga dibutuhkan pendinginan air. Untuk lab yang sibuk, maka torch berpendingin air sangat disarankan. Gambar 4.3 menunjukan torch berpendingin air. Aliran air pendingin yang dibutuhkan sangat kecil (1,5 l/min). Dan untuk alasan ekonomi, pendinginan air yang baik adalah yang mempunyai sistem sirkulasi. Komponen logam torch biasanya harus terbuat dari tembaga dan kuningan. 
Gambar di bawah ini menunjukan bagian-bagian torch secara rinci

Keterangan:
  1. Tutup keramik/nosel gas 
  2. Tungsten
  3. Kolet
  4. Tutup kepala
  5. Lorong gas pelindung
  6. Tombol pembakar
  7. Saluran gas pelindung
  8. Saluran air pendingin masuk
  9. Saluran air pendingin keluar
  10. Kabel arus las
Torch mempunyai daya tahan yang tinggi, tetapi tetap saja harus bersih dan bebas dari oli. Tempatkan torch secara hati-hati pada saat tidak digunakan. Lebih baik apabila mempunyai dudukan khusus. Hal ini menjadikan torch siap digunakan kembali dan mencegah terjatuh ke lantai. Perawatan torch yang baik akan membuat tahan lama dan berfungsi baik ketika digunakan.
Tahapan pemasangan Torch Las GTAW/TIG adalah sebagai berikut:
  • Badan kolet dipasang dan dikencangkan dengan tangan.
  • Nosel gas dipasang dan dikencangkan dengan tangan.
  • Kolet dimasukan.
  • Elektroda tungsten dimasukan, keluarkan ujung elektroda sepanjang 2-3 kali diameter elektroda dari arah belakang.
  • Tutup torch dipasang dan dikencangkan.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perlengkapan Las GTAW (Bagian 1)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel